Rp 0.000
  • No products in the cart.

Jendela merupakan salah satu bagian terpenting dari bangunan atau rumah yang fungsinya sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan alami ruangan. Tapi tidak berbeda dengan komponen lainnya, jendela juga bisa dipakai untuk menciptakan kesan yang lebih menarik baik pada bagian eksterior maupun interior. Selama ini kita lebih sering menyebut bentuk-bentuk atau gaya jendela tersebut dengan sebutan yang lebih mudah dimengerti. Misalnya jendela kotak, bundar, jendela atap dan sebaiknya. Tapi sebenarnya komponen bangunan ini punya nama sebutan sendiri yang berbeda-beda tergantung pada jenis dan modelnya. Maka tidak ada salahnya kita mengenal jenis-jenis gaya jendela:

 

Single dan Double Hung Windows

Single dan Double Hung Windows adalah dua jenis jendela paling umum yang seringkali akan Anda lihat di rumah manapun. Keduanya dianggap sebagai jendela selempang, yang ditemukan oleh orang Inggris Robert Hooke. Perbedaan utama antara Single dan Double Hung Windows adalah bagaimana bagian jendela bergerak. Dengan single hung windows, hanya bagian bawah jendela-selempang bawah-bisa dibuka. Bagian ini bisa didorong naik turun saat bagian atas jendela tetap dan tidak bergerak. Ini berarti ketika Anda membuka jendela, penutup atas ditutupi di bagian dalam. Pada double hung window kedua ikat pinggang atas dan bawah bisa diturunkan dan diangkat.

 

Casement Windows

Jenis jendela ini populer di Inggris sebelum jendela ditemukan. Jendela sandaran tergantung pada engsel dan terbuka bolak-balik seperti pintu. Gaya ini masih populer di banyak bagian Eropa namun kurang umum di Amerika Serikat. Tipe ini juga sangat hemat energi karena ada potongan yang lebih sedikit. Berkat kaca jendela besar yang mereka gunakan, jendela casement menawarkan pandangan yang lebih tidak terhalang daripada jendela gantung tunggal atau ganda.

 

Bay atau Bow Windows

Jendela jenis ini meluas melampaui fa├žade rumah, menambahkan ruang lantai, tempat duduk dekat jendela, atau rak ke sebuah ruangan. Dari luar, bay dan bow windows adalah fitur arsitektural. Meski sama, ada perbedaan. Jendela bay terdiri dari bagian yang memiliki panel kaca datar dan bingkai jendela dibentuk menjadi teluk. Karena menyukai cara mereka membiarkan banyak cahaya, jendela-jendela teluk telah digunakan sejak masa kastil istana selama Renaisans Inggris, tulis Bob Vila. Jendela bow adalah jendela lengkung khusus yang disusun untuk membuat perpanjangan melingkar dari rumah.

 

Dari sudut pandang gaya, jendela bay biasanya digunakan untuk rumah modern sementara rumah bergaya Victoria adalah jenis rumah terbaik untuk jendela bow. Fitur interior yang diinginkan juga menjadi pertimbangan tipe pilihan yang diinginkan. Jendela bay memungkinkan tempat duduk atau rak jendela yang lebih besar di ruangan daripada jendela busur. Saat memilih antara dua jenis jendela ini, biaya juga merupakan faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Jendela jendela umumnya harganya kurang dari jendela busur, yang harganya bisa sekitar 2,5 kali dengan ukuran jendela yang sama.

 

Arched Windows

Untuk menambahkan rasa dinamika drama dan arsitektural ke rumah, gabungkan jendela melengkung. Bagian atas yang tinggi dan bundar dari jenis jendela ini membiarkan banyak cahaya dan menarik mata ke atas, memberi ruang pada perasaan bahwa itu melonjak ke atas. Bahkan di tempat yang lebih pendek, mereka menambah tinggi badan. Jendela-jendela ini juga diperbaiki dan sering dipasang di atas jendela fungsional tradisional untuk gaya mereka berkembang.

 

 

Jendela Skylight

Cahaya alami adalah elemen penting di jendela rumah dan jendela langit adalah cara terbaik untuk membawa cahaya lebih. Jenis jendela ini sangat berguna di tengah rumah atau di ruangan yang memiliki ruang dinding terbatas yang bisa digunakan untuk jendela tradisional. Skylight pada dasarnya adalah jendela di atap. Beberapa gaya bisa dibuka untuk ventilasi sementara sebagian besar tetap tertutup.

Jendela Skylight jelas bukan proyek do-it-yourself dan memerlukan instalasi profesional. Karena ini diatur ke atap, pemasangan sangat penting untuk mencegah bocor, dimana jenis jendela ini rawan. Mereka juga bisa bocor energi dan bisa menghalangi ventilasi atap yang tepat, bendungan es dan busuk. Ini juga berarti biaya jenis jendela ini lebih tinggi.

 

Garden Windows

Memasang garden windows seperti menambahkan rumah kaca kecil ke dinding rumah. Jenis jendela seperti jendela mini hanya untuk tanaman, dan beberapa gaya menggabungkan rak untuk menampung kelimpahan tanaman. Garden windows sangat ideal bagi mereka yang ingin menanam tanaman dalam ruangan serta ramuan kuliner dan bunga. Bentuk telapaknya memberikan bentangan sinar matahari yang lebih panjang di siang hari, meningkatkan pertumbuhan. Ini adalah tambahan yang sangat populer untuk jendela di depan wastafel dapur.

 

Round Windows

Round windows adalah elemen arsitektural yang menambahkan gaya dan minat ke rumah. Mereka dapat sepenuhnya bulat, setengah bulat atau oval, mana yang sesuai dengan desain yang ada dalam pikiran Anda. Jenis jendela ini biasa terjadi di rumah bergaya Victoria dan gothic dan bisa didandani dengan kisi-kisi mewah atau kaca patri untuk memberi mereka sentuhan artistik. Jendela yang memiliki bentuk bundar juga cocok untuk dipasangkan dengan jendela yang lebih standar. Mereka juga meminjamkan perbedaan ke rumah karena mereka tidak biasa, dan untuk rumah tua, mereka menambahkan sentuhan historis yang akurat. Tentu saja, karena harganya khusus juga lebih tinggi untuk jendela ini.

 

Egress Windows

Lebih banyak tentang fungsi daripada bentuk, jendela egress terutama untuk keamanan. Jendela jenis ini dipasang di tempat-tempat yang memerlukan pintu darurat, seperti di ruang bawah tanah. Mereka umumnya cukup besar bagi seseorang untuk memanjat keluar jika terjadi keadaan darurat, seperti kebakaran. Bagian rumah yang tidak memiliki pintu keluar yang andal harus memiliki jendela egress. Di kebanyakan lokasi, kode dan peraturan bangunan mengatur ukuran, jenis dan lokasi jendela jalan keluar.

 

Jalousie Windows

Jenis jendela ini dapat Anda temukan di rumah-rumah tua. Jendela Jalousie terdiri dari potongan kaca yang terbuka dan tertutup seperti venetian blind. Diciptakan pada tahun 1900 oleh Joseph W. Walker dari Massachusetts, mereka sering ditemukan di rumah-rumah tua. Bilah-bilah tersebut dikendalikan oleh tingkat engkol yang membuka dan menutupnya, membiarkan udara segar dan membiarkan orang-orang di dalam melihat-lihat. Dengan jendela ini orang-orang yang berdiri di dalam rumah dapat melihat keluar dan orang luar tidak dapat melihatnya. Kemudahan pemeliharaan dan keterjangkauan membuat mereka sangat populer di masa lalu. Konon, mereka biasa digunakan di daerah yang lebih hangat karena segelnya tidak ketat dan mereka tidak menawarkan isolasi yang tepat untuk rumah di iklim yang lebih dingin, jelas Modernize.com. Jendela ini juga tidak menawarkan keamanan dari penyusup, meskipun teknologi yang lebih baru telah memperbaiki konsep dan membuatnya lebih diminati.

 

Sliding Windows

Sama seperti pintu geser, jendela geser memiliki panel kaca yang meluncur miring bukan naik turun. Ya, jenis jendela ini hanya memungkinkan separuh ruang terbuka, tapi bisa nyaman di rumah dimana ruang dinding menjadi masalah. Kamar yang memiliki dinding pendek adalah tempat yang baik untuk jendela geser karena lebih horizontal dari vertikal. Ini memberi ilusi dinding yang lebih tinggi, dan membuat perancangan ruangan dan furnitur posisi lebih mudah dengan menyediakan lebih banyak ruang dinding.

 

Jendela Palladian

Jendela tiga bagian ini menawarkan drama tinggi ke sebuah ruang karena dilengkapi panel tengah besar yang memiliki atasan melengkung yang dipasangkan dengan dua jendela samping yang lebih kecil. Jenis jendela ini berasal dari Venesia abad ke-16, dibuat oleh arsitek Italia Andrea Palladio, menulis Encyclopaedia Britannica. Itu populer pada abad 17 dan 18 di Inggris dan Italia. Untuk alasan sejarah, itu juga disebut jendela Serlian atau jendela Venesia. Sama seperti jendela lain yang memiliki fitur arsitektural khusus, jendela Palladian bisa menarik mata ke atas dan menambahkan dosis drama visual yang bagus ke sebuah tempat.

 

 

Hopper Windows

Desain jenis jendela ini sangat cocok untuk menyediakan ventilasi di ruang kecil. Tidak seperti kebanyakan gaya lainnya, ujungnya terbuka dari atas, turun ke rumah. Biasanya, mereka memiliki mekanisme engkol, membuatnya berguna di ruang bawah tanah, garasi dan kamar mandi kecil pada khususnya. Jendela Hopper juga memberikan efisiensi energi yang sangat baik karena mereka segel rapat.

 

Itulah jenis-jenis jendela dengan berbagai gaya. Semoga dapat menjadi inspirasi rumah Anda!

0
Connecting
Please wait...
Send a message

Sorry, we aren't online at the moment. Leave a message.

Your name
* Email
* Describe your issue
Login now

Need more help? Save time by starting your support request online.

Your name
* Email
* Describe your issue
We're online!
Feedback

Help us help you better! Feel free to leave us any additional feedback.

How do you rate our support?

Get more stuff like this
in your inbox

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Power by

Download Free AZ | Free Wordpress Themes

Login Account

Already a Rubnio Customer?

Invaild email address.

6 or more characters, letters and numbers. Must contain at least one number.

Your information will nerver be shared with any third party.